Selamat datang di blog sederhana saya,, Saling berbagi dalam kebaikan,kalo ada kesalahan didalam isi blog,silahkan tinggalkan komentar,,^_^

Minggu, 12 Agustus 2012

MENJAGA KESEHATAN LAMBUNG

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


MEMPUNYAI tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan tiap orang dan untuk mendapatkan hal itu sangat mudah dan tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Yang harus kita lakukan hanyalah menerapkan menerapkan pola hidup sehat dan bugar dalam kehidupan sehari-hari.

Kendati sebagian besar masyarakat telah mengetahui dan sadar tentang keuntungan pola hidup sehat dan bugar. Namun pada kenyataaannya, pola hidup masyarakat modern yang sarat dengan kesibukan kerap mengesampingkan kesehatan. Aktivitas padat seringkali tak disertai olah raga dan pola makan yang benar.

Ironisnya lagi, akibat perubahan kesibukan tersebut,tanpa disadari pola hidup kita ke arah yang serba instan. Pola memilih makanan pun berubah. Masyarakat cenderung memilih makanan instan yang kandungan gizi dan proteinnya tidak menyehatkan.


Padahal sejatinya, menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit. Menerapkan pola hidup sehat dan bugar berarti kita harus melakukan lima sehat yaitu makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat. Walau terdengar mudah, bukan berarti untuk menjalan pola hidup sehat dan segar itu mudah.


Perlu tekad dan kemauan yang kuat untuk menata kembali pola hidup yang telah dilakukan supaya kita benar-benar mendapatkan kebahagiaan berupa hidup sehat.

Salah satu kebiasaan yang tidak mengikuti aturan pola hidup sehat adalah pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang rentan mengalami nyeri di ulu hati, mual dan kembung. Jika hal ini sering terjadi pada Anda,bukan tak mungkin Anda terkena penyakit maag.

Pasalnya, penyakit maag ini muncul dengan gejala seperti nyeri pada ulu hati, perih, mual dan kembung. Terlebih sakit maag juga dapat timbul akibat makan yang tidak teratur (telat makan), stres, minum kopi berlebihan ataupun alkohol dan konsumsi makanan bersantan, pedas maupun asam.

Penderita maag biasanya akan mengalami rasa yang tidak nyaman di daerah ulu hati. Ditambah dengan rasa nyeri, perih, serta keluhan lain seperti mual, kembung, cepat kenyang, merasa penuh, sampai muntah-muntah.

Kadang, jika rasa nyeri itu begitu hebatnya, sampai terasa sakit tembus ke tubuh bagian belakang Menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUIRSCM, berdasarkan survei yang dilakukan pada masyarakat Jakarta yang melibatkan 1.645 responden, diketahui bahwa pasien dengan masalah sakit maag ini mencapai angka 60 persen.

“Secara garis besar sakit maag ini dapat dikelompokkan menjadi penyakit maag organik dan fungsional. Pembagian ini dilakukan setelah melalui pemeriksaan, terutama pemeriksaan teropong saluran cerna (endoskopi) dalam hal ini teropong saluran cerna atas. Maag fungsional ditetapkan jika dengan pemeriksaan baik secara endoskopi, pemeriksaan ultrasonografi dan pemeriksaan laboratorium tidak ditemukan penyebab lain dari sakit maag tersebut,” jelas dr Ari Fahrial.

dr Ari Fahrial menambahkan umumnya sakit maag fungsional sebagaimana para ahli menyebutkan bahwa orang yang mempunyai masalah dengan maagnya berupa nyeri atau rasa panas di daerah ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang.

Jadi jelas bahwa orang mempunyai sakit maag fungsional akan merasakan keluhan pada lambung yang berlangsung lama. Dijelaskan penyakit maag fungsional ini memang sangat berhubungan erat dengan faktor psikis. Berbagai penelitian memang telah membuktikan hubungan antara faktor fungsional dengan faktor stres yang dialami seseorang terutama faktor kecemasan (ansietas).

”Penelitian yang kami lakukan dan penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional ini lebih besar dari sakit maag yang organik yaitu mencapai 70-80 persen kasus sakit maag,” kata Ari.

Diakui Ari hingga saat ini penyakit maag yang banyak ditemukan dimasyarakat adalah jenis sakit maag fungsional. Menurutnya sakit maag fungsional disebabkan oleh berbagai faktor.

Di antaranya akibat peningkatan asam lambung yang berlebihan didalam lambung. Juga dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu. Selain itu stres fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih sehingga mengakitbakan gangguan.

Selain asam lambung yang berlebih, lanjut Ari, lambung juga bisa terganggu akibat naiknya cairan empedu dari usus dua belas jari menuju lambung bahkan dapat naik sampai kerongkongan. Adanya cairan empedu yang naik dapat menyebabkan gangguan pada lambung sampai menyebabkan kerusakan dinding dalam lambung.

Pergerakan lambung juga salah satu faktor penyebabkan gangguan sakit maag fungsional. Adanya pengosongan lambung yang lambat berakibat kontak makanan dan cairan lambung lebih lama dari biasanya dan hal ini tentunya akan menyebakan gangguan pada lambung.

”Untuk mengatasi sakit maag fungsional salah satunya dengan membatasi makanan dan minuman yang menyebabkan prosuksi asam lambung dan pergerakan lambung menjadi lambat,” katanya.

Ubah Pola Hidup

Agar tidak tersiksa dengan sakit maag sebaiknya Anda mencegahnya dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dengan menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Memang untuk itu perlu niat yang kuat dan disiplin terhadap diri sendiri untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Namun bagi Anda yang memiliki pola hidup dengan kesibukan yang tinggi,kini tidak perlu khawatir lagi terkena sakit maag. Karena sudah ada varian baru dari Promag, yaitu Promag Double Action (PDA) yang sangat memahami kebutuhan Anda.

Perpaduan komposisi PDA (Calcium Carbonate 800 mg,Magnesium Hydroxide 165 mg dan Famotidine 10 mg) yang sangat baik mampu mengatasi sakit maag Anda dengan cepat dan menjaga lambung paling lama.

Promag Double Action sangat praktis untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi karena cukup minum satu tablet di pagi hari, lambung akan terjaga dan nyaman seharian hingga 12 jam. Hal ini karena PDA bekerja dengan dua aksi bukan double dosis.

Aksi pertama sebagai ”Antacid” yang menetralisir asam lambung dan aksi kedua sebagai ”Acid Blocker” yang berfungsi mengatur produksi asam lambung sehingga tidak berlebih.

SUMBER : http://www.forumkami.net/kesehatan/147324-cara-menjaga-kesehatan-lambung-pola-hidup.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

cari disini gan,,,,