Selamat datang di blog sederhana saya,, Saling berbagi dalam kebaikan,kalo ada kesalahan didalam isi blog,silahkan tinggalkan komentar,,^_^

Minggu, 12 Agustus 2012

KHASIAT JAHE

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  1. Sejak dulu Jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan anekakeperluan lainnya. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untukmembangkitkan nafsu makan dan pencernaan.
  1. Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambahnafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkankarena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak asiri yangdikeluarkan rimpang jahe.
  1. Minyak jahe berisi gingerol yang berbau harum khas jahe, berkhasiat mencegah danmengobati mual dan muntah, misalnya karena mabuk kendaraan atau pada wanita yanghamil muda.
  1. Juga rasanya yang tajam merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus,membantu mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung.
  2. Dalam pengobatan tradisional Asia, jahe dipakai untuk mengobati selesma, batuk, diare dan penyakit radangsendi tulang seperti artritis.
  1. Jahe juga dipakai untuk meningkatkan pembersihan tubuhmelalui keringat.
  1. • Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormonadrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepatdan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  1. • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu proteasedan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak..
  1. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadimencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan seranganjantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol. 
  1. • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yangdapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mualakibat mabok perjalanan.
  1. • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantumengeluarkan angin.
  1. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yangdisebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  1. Jahe sebagai Obat Praktis      Jahe merupakan pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyerirematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kalisehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, ataumenambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.
  1. Daun jahe juga berkhasiat, antara lain dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil.
  1. Sedangkan rimpangnya ditumbuk dan direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam, kemudian airnya dapat diminum sebagai obatuntuk memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya, mengobati hatiyang membengkak, batuk dan demam.
  1. Untuk mengobati rematik rematik siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpangtersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe padabagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengam menumbuk bersama cengkeh,dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.
  1. Jahe juga dapat digunakan untuk mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam,terkena duri, jatuh, serta gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk danditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.Rimpang tumbuk juga dapat dipakai sebagai obat gosok pada penyakit gatal karenasengatan serangga.
  1. Rimpang yang ditumbuk, dengan diberi sedikit garam, kemudian ditempelkan padaluka bekas gigitan ular beracun (hanya sebagai pertolongan pertama sebelum penderitadibawa ke dokter).
Dan lain-lain silahkan kunjungi http://habbatssehat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

cari disini gan,,,,