Selamat datang di blog sederhana saya,, Saling berbagi dalam kebaikan,kalo ada kesalahan didalam isi blog,silahkan tinggalkan komentar,,^_^

Senin, 13 Agustus 2012

Apa Itu Ta’aruf…

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Aslmkm…
untuk teman2 yang menanyakan apa itu ta’aruf, gar lebih jelasnya mungkin cara seperti ini lebih efektif…
semoga bermanfa’at…
bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu…
Bismillaahirrohmaanirrohiim…

Ta’aruf
sebagian dari kamu mungkin sudah mengenal atau pernah mendengar kata ta’aruf, di dalam islam sendiri ta’aruf diartikan sebagai mengenal, dalam artian kita tuh di suruh untuk saling mengenal kepada orang lain, ga cuma di lingkungan sekitar aja tapi juga kepada semua, terlebih lagi dengan saudara muslim. Dalam surat cintanya, Alloh menganjurkan kita untuk saling ta’aruf, buat kamu2 yang sudah nikah ayatnya populer banget n biasanya di tempatin di undangan walimah :) . Yup, bener banget, Surat Al Hujuraat ayat 13, kurang lebih begini arti ayatnya ” Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. “

Mungkin sedikit pengertian mengenai ta’aruf tadi sudah membuka wawasan kamu2 semua, paling ga mengerti apa itu ta’aruf :) maaf taunya baru segitu aja hi hi hi..!! ntar nyambung lagi klo udah baca referensi buku yang lainnya. But, kali ini saya teh mau sharing ke kamu2 semua mengenai ta’aruf yang lebih spesifik, tau donk….!! he he he…!!

Ga usah malu, segan, apalagi tabu, tuk ngebahas ini. ta’aruf dalam rangka mancari pasangan hidup yang tepat(ga pake kata cocok, coz klo cocok itu relatif n terkesan hanya diawalnya saja) yang tentunya juga mempunyai satu tujuan yang sama, kamu tau ga tujuannya apa…!! hari gennee ga tau(gubraaakk…!!) tujuannya adalah membangun keluarga yang sakinah, mawadah, n warahmah. nah untuk mencapai tujuan itu kamu juga harus mengawalinya juga dengan cara yang baik/ahsan. tuk menjawab keinginan kamu itu Islam sudah memberikan jalan keluarnya. yaaa ta’aruf itu…
Ta’arufnya seperti apa sich….!!! eiiit…..sabar :) , sebelum kita ngebahas lebih jauh ada baiknya kmu mengenal dulu maksud dari ta’aruf tsb, yupz…kmu harus tetapin tujuannya “Menikah” klo kamu cuma main2 mending ga usah dech itu pertanda klo kamu belum siap alias belum dewasa. n then dalam ta’aruf ada deadline juga lhoo…!! cukup 3 bulan aja. Haaahh….!! kok di batasin sich “HARUS” kenapa musti dibatasin coz, di khawatirkan klo lebih dari itu bisa aja tujuan kamu tuk menikah menjadi sirna atau malah bisa terjerumus ke yang namanya pacaran, semakin lama kamu berinteraksi dengan si dia semakin rentan kebersihan hatimu. So, Say No Pacaran yaa..!!
Siap Ta’aruf, Siap Nikah
Ga cuma nikah aja yg butuh persiapan, ternyata ta’ruf pun juga butuh. Beberapa hal yang perlu kamu persiapkan diantaranya :
Mental
Usia ga ngejamin kesiapan orang tuk menikah. ketika kamu memutuskan ta’aruf dengan seseorang kamu harus siap dengan konsekuensi yaitu “Menikah”. Buang jauh2 perasaan belum bisa menjalani kehidupan pernikahan, coz semua itu hanya godaan syaitan. Mulailah dari sekarang mempersiapkan diri. Inga-Inga rasul pernah bersabda”Bukan termasuk golonganku orang yang tidak mau menikah”. Sebagian temen yg saya tanya, blm mau menikah karena masih banyak cita2nya yg belum kesampaian, mulai dari mau lanjutin kuliah, kejar karir, sampai nunggu kakaknya nikah duluan :( wahh repot deh klo begini, padahalkan kuliah pun masih bisa di lanjutkan walaupun kamu telah menikah yang penting kamu bisa memanaje dan mengkomunikasikannya dengan pasangan kamu. mungkin saja suami/istrimu malah bisa manjadi partner dalam meraih cita2.

Finansial

Wuuiih sabar :) , ga usah mengkerutkan dahi gtu donk. Mau- ga mau kita memang harus mempersiapkan point ini sedini mungkin. Tips buat kamu2 yang susah banget nabung, coba ubah manajeman keuangan yang selama ini kamu jalankan, mulai saat ini sisihkan sebagian gaji kamu setelah menerimanya, ini penting banget tuk menghindari pola kamu2 yang konsumtif, klo perlu beli sebuah celengan n masukin dech segera ketika penghasilan kmu terima. atau bisa juga pake cara saya, buka rekening di bank yang paling sedikit /susah dicari ATM nya, kemudian setorkan uangnya sesegera mungkin.
Ilmu
Ini yang ga kalah penting, mulai saat ini kamu musti bekalin diri dengan yang namanya ilmu rumah tangga? ehm..ehm…!! Memang apa sich…!! banyak banget tuch mulai dari kewajiban suami-istri, hukum pernikahan sampai gimana cara mendidik anak. banyakkan :) makanya hayuuh atuh mulai sekarang belajar n banyak baca buku ttg pernikahan, ingat bukan buku yang membahas indahnya pernikahan lhoo yaa..jangan salah…!! setalah kamu mengetahuinya jangan lupa tuk diamalkan. memang berat sich, tapi berusahalah! Chayo…!!
Keluarga Besar
Khusus buat akhwatnya, poin ini perlu di perhatikan. Karena masa ta’aruf yang singkat ada baiknya klo kmu mulai memperbincangkan hal ini dengan orang tua, coz banyak ditemui juga justru si akhwat baru memberitahukan ke orang tua rencana walimahnya di beberapa bulan kedepan. Nah lhoo shock ga tuch orang tua setelah tau :( , bisa juga malah justru orang tuamu akan menolak itu semua. coba dech dikomunikasikan misalkan “Ma, karena ade(sebutan anak) ga pacaran, jadi nanti mama jangan kaget ya klo tiba2 ada yang datang melamar…” or “Ma, klo ade nikah, ade maunya konsep pernikahannya begini, begini n begini…” kurang lebih gtu dech :)

Perantara Ta’aruf

Siapa aja sich yang bisa menjadi perantara kita dalam berta’aruf…? Pertama adalah ortu kemudian temen, Murrabi/ahnya.
Kriteria
klo yang ini sich bisa segambreng :( tuk dijabarin, but saya ga akan membahas panjang lebar mengenai ini. intinya sich seleksi kembali kriteria tersebut apakah masih bisa dikompromikan, kayak musti putih, dari suku tertentu or chubby itu mah dikompromikan aja dehh. OK, tooh yang paling pentingkan pemahaman ttg agamanya. tuk panduan buat kmu dalam menentukan kriteria tsb, kmu bisa mulai mengumpulkan kriteria tersebut dari temen2 terdekatmu, bisa itu sifatnya, kebiasaan maupun hobinya yang kmu anggap punya nilai lebih.
Pertanyaan yang sering ditanyakan ketika ta’aruf
1. Tujuan menikah, coba pikirkan kira2 apa jawaban kmu atas pertanyaan tsb.
2. Pemahaman ttg agama/Tsaqofah Islamiyah,
3. Pengenalan thp Allah, Rasulallah &Al Quran
4. Masa2 sulit & cara menyikapinya
5. Bagaimana sikapnya jika tidak suka thp sesuatu
6. Tugas suami/istri
7. Jika istri bekerja mana yang lebih penting
8. Cara mengelola keuangan(pertanyaan buat akhwat)
9. Semangat meraih maisyah(pertanyaan buat ikhwan) n
akhwat boleh juga menanyakan pendapatan dari ikhwannya/bln.
N masih seabrek ilmu yang bisa kmu pelajari dibuku ini. Penulisnya Leyla Imtichanah “Ta’aruf Kereen Pacaran Sorry Men!” Penerbitnya Lingkar pena publishing. silahkan cari di toko buku terdekat yaa.
Coz, klo kita tulis semua di sini ga ada yg beli donk nanti bukunya he he he he…!! bukannya begitu mba’ leyla :)
From : http://kangdjoko.wordpress.com/kenalan/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

cari disini gan,,,,