Selamat datang di blog sederhana saya,, Saling berbagi dalam kebaikan,kalo ada kesalahan didalam isi blog,silahkan tinggalkan komentar,,^_^

Minggu, 11 Maret 2012

TIPS MENGAJAR YANG SANTAI

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



hehe
santai pulak,,,
mana ada ngajar yang santai,,,
:)

mending saya kasih judul yang itu,,
daripada mengajar yg baik,toh saya bukan pengajar yang baik,,hhe

tapi sedikit berbagi pengalaman,boleh doong,,,,:)
kalo gak boleh,,mending langsung di close and langsung buka fesbuk,,,  :D

oke,langsung saya
mulai aja,,,,
saya bukan lah seorang guru,tapi saya mengajar,
yah ,,,
itung2 lah ,bisa nambah uang saku and jajan buat kuliah,,,,

pertama kali pengalaman mengajar di suatu bimbel di tg.morawa,
jujur aja saya kewalahan,,
maklum lah saya dulunya ngajar privat di rumah,,,
kalo di bimbel ini,beragam murid dan beragam sifat yang saya temui,
macam macam lah,,,
tapi pengalaman awal dulu,saya sempat frustasi juga menghadapi kebandalan murid2 tu,,,,
belajar dari pengalaman,,
perlahan lahan sekarang saya mulai bisa mengusai(baca: mengajar) murid2 itudengan cukup baik,,alhamdulilah,,,,,
yah walaupun belum sebagus seperti mario teguh,tapi perbaikan demi perbaikan terus saya kembangkan,,,,
mungkin ada tips sedikit ni dari saya,,,
mari kita liha t di teeee kaaaa peee(TKP,red)   #korban OVJ, hhe

1. pertama kali sebelum semuanya adalah penguasaan materi. Hal ini sangat mutlak kita perlukan apabila ingin menjadi a good teacher. Jelas aja,,kalo kita mau ngajar matematika,setidaknya sebelum mengajar,kita harus sudah mempelajari bahan yang mau kita ajarkan itu,minimal 15 menit lah kita baca2 dulu.

2. bangun dulu chemistri (apa pulak???)
hhe, itu kata anak2 muda sekarang. minimal kita tau lah nama anak2 murid kita itu. kan ada istilah "tak kenal maka tak sayang" . Dengan mengenal pribadi anak2 didik kita tu,Insya Allah mereka respek kepada kita,,,,
trus,,sebelum membawakan suatu materi pelajaran yang baru,,minimal kita harus mengulang2 pelajaran yang sudah lewat. ini dimaksudkan biar minat belajar anak2 itu terbangun. Dengan begitu,anak2 lebih antusias belajarnya,,,,

3. berinovasilah dalam mengajar.
anak2 sering kali mudah bosan dengan metode yang itu itu saja,,,
lakukan inovasi terus selama mengajar ,misalnya  kasih latihan atau soal,tanya jawab,saling diskusi atau cara lain. Pengalaman pribadi saya sih,sewaktu saya teraopkan metode yang itu itu saja murid2 nya cepat bosan

4. atur ritme mengajarnya
ritme itu seperti alunan. misalnya ni kan,,kita mengajar selama 1,5 jam. kita harus pande membagi waktunya.
kapan kita menerangkan materi baru,,kapan kasih soal atau latihan ataupun saling tanya jawab. Usahakan anak2 itu tidak bosan dengan kita,,,,
tambahan lagi,,anak2 itu juga butuh untuk maen2 dengan teman2 nya. kalo misalnya ni ,selama 1 jam nonstop terus menerangkan pelajaran,yang ada bagi anak2 itu dikiranya kita sedang jual obat.(heheh)
tapi itu pun jangan sampe terjadi keributan besar di kelas,,,intinya kita yang mengontrol...
memang tujuan pendidikan itu adalah supaya buat anak2 itu pintar,
tapi diingat juga,selain tujuan untuk pentransferan ilmu,kita juga punya tanggung jawab untuk mendidik akhlak dan mental anak2 indonesia yang luar biasa hebat itu

5. jauhkan semua pengaruh negatif..
taukah apa itu kawan2 apa itu pengaruh negatif itu???
jawabannya adala HANDPHONE
apa sih gunanya hp ketika belajar??
gak ada,,,,
yang ada hanya membuyarkan konsentrasi belajar,,,,
jadi,,,sebagai pendidik kita harus meminimalisir semua hal negatif yang dapat menghambat perkembangan anak2 itu

oke,,
mungkin itu saja dulu ya kawan2 ,,,,
^_^
mohon komen nya ya,,,,,

guru itu di gugu dan ditiru,,,
seorang guru harus bisa menunjukkan keteladanannya kepada semua muridnya,,,
semoga,,,,,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

cari disini gan,,,,