Selamat datang di blog sederhana saya,, Saling berbagi dalam kebaikan,kalo ada kesalahan didalam isi blog,silahkan tinggalkan komentar,,^_^

Sabtu, 05 Mei 2012

anak usu juga gak kalah !!!

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم




MEDAN - Walikota Medan Rahudman Harahap mengaku tertarik mobil hemat energi dan ramah lingkungan hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan diikutkan lomba Shell Eco Marathon (SEM) Asia, di Malaysia, Juli 2012.

"Salut atas ide dan kreativitas mahasiswa yang menciptakan rancangan mobil hemat energi.Kita bangga karena salah  satu dari sekian banyak tim yang ikut kompetisi itu, USU wakil dari Sumatera," katanya di Medan, Senin, usai peluncuran mobil hemat energi yang diberi nama "Mesin USU".

Lomba tersebut diikuti 145 tim dari 17 negara. Selain USU, Indonesia juga akan diwakili oleh 17 tim lain, yakni empat tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), dua tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).


Kemudian tiga tim dari Universitas Indonesia (UI), satu tim Politeknik Negeri Jakarta, dua tim dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), satu tim Universitas Gadjah Mada (UGM), dan satu tim dari Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung.

Lebih lanjut, wali kota berharap mobil hemat energi tersebut dapat lebih dikembangkan lagi oleh para mahasiswa agar bisa meraih posisi terbaik di lomba tingkat internasional tersebut.

Ia juga mengaku tertarik dan berkeinginan untuk membeli kendaraan tersebut untuk dipergunakan sehari-hari. Selain sebagai upaya mendukung penghematan energi juga mempromosikan hasil karya anak Medan.

"Ini membuktikan bahwa kualitas generasi muda kita tidak kalah dengan negara lainnya.Potensi ini harus benar-benar kita manfaatkan untuk meningkatkan daya saing kita di mata dunia," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa generasi muda yang siap pakai adalah mereka yang memiliki kreatifitas dan inovasi, karena itu semua adalah bentuk dari salah satu kemuliaan.

Dengan hasil karya mobil hemat energi tersebut, diharapkan dapat menjadi motivasi dan pemicu bagi generasi muda, khususnya mahasiswa lainnya untuk terus beraktualisasi, namun tanpa mengenyampingkan rasa nasionalisme.

"Mari terus berkarya dan berinovasi, semoga menjadi karya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Ini semua dapat terwujud jika kita semua saling bekerja sama," katanya.

Sementara Rektor USU Syahril Pasaribu mengatakan dirinya melihat keseriusan mahasiswa untuk mempersiapkan mobil rancangannya sangat keras. Mereka bekerja pagi hingga malam agar karenanya bisa berprestasi.

"Saya selalu setiap pulang praktik menyempatkan melintas, dan anak-anak ini masih terus bekerja.Ini menunjukan keseriusan mereka untuk menyiapkan mobil ini terlihat jelas," katanya.

Dia menyatakan, kebanggaannya karena USU bisa ikut berkompetisi dalam kegiatan SEM Asia 2012.Dimana, tidak semua perguruan tinggi mampu lolos dalam perlombaan ini.

"Ini bukti bahwa semangat mahasiswa dalam menghadapi isu dan tantangan energi masa depan tidak kalah dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, maupun Asia. USU sangat bangga akan kompetisi dan kerja keras dari mahasiswa fakultas teknik," katanya.

Ia mengaku, dalam menciptakan rancangan itu, hambatan biaya sangat besar. Namun begitu, ia meminta mahasiswa tidak patah semangat. Sebab, rektorat akan membantu mencarikan pendanaan dari pihak luar, baik itu institusi pemerintahan atau swasta.

"Ini bukan persoalan menang kalah, ini persoalan kemampuan. Kita ingin buktikan bahwa anak Medan bisa berkompetisi di level internasional," katanya.
dikutip dari http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=244417:walikota-medan-minati-mobil-mesin-usu&catid=14:medan&Itemid=27

1 komentar:

  1. Kren nih inovasi baru dari USU!! go green!!

    Salam kenal ya gan..kunjungan baliknya
    http://madz666.blogspot.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

cari disini gan,,,,